Indonesia Ring's of Fire


This land on fire.
This land could bleed.
In every disaster there's a faulter to seek.
People meander, wait to retreat.
People forsaken of what they believe.
Does it matter ? Does it matter ?
It's only mattes for a while.
Does it matter ?

(The S.I.G.I.T. - Land of Fire)

 Indonesia kembali berduka, belum selesai bencana meletusnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Kembali salah satu gunung di pulau jawa juga ikut meletus, ya Gunung Kelut di Jawa Timur tidak dapat menahan lama-lama muntahannya pada kamis malam (13/12/14). Dampaknya tidak main-main, ledakannya mengagetkan seantero wilayah di kediri, blitar dan sekitarnya, kilatan petir dan juga gemuruh juga menemani sang gunung mengeluarkan hajatnya. Hasilnya, lahar dingin menyapu dan merusak pemukiman, sawah dan juga apa yang dilewatinya. Parahnya lagi abu vulkanik juga menghujani hampir seluruh kota-kota di Pulau Jawa. Sungguh bencana yang maha dahsyat.
   Sering dalam hati saya bertanya, kenapa negeri yang indah ini juga menyimpan bencana yang bisa saja terjadi setiap saat. Apa karena manusianya yang tidak menjaga dan bersahabat dengan alam atau Tuhan mengutuk kita, manusia-manusia yang tinggal di negeri ini ? Entahlah, ada beberapa jawaban yang bisa saja menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Tetapi yang sangat menarik bagi saya adalah istilah Indonesia ring's of fire. Hmm, apa maksudnya ini ?
   Ring's of fire atau apabila kita translate menjadi cincin api pasifik, adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan juga letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan samudra pasifik. Yang dimana bentuknya menyerupai tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 Km. Secara histografi, Indonesia tercinta ini merupakan wilayah yang sering mengalami gempa bumi, bencana tsunami, banjir dan juga letusan gunung merapi. Ini karena wilayah Indonesia dikepung oleh lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Selain merupakan jalur rangkaian gunung api aktif di dunia, membentang dari mulai pantai barat Amerika Selatan, berlanjut ke pantai barat Amerika Utara, melingkar ke Kanada, semenanjung Kamsatschka, Jepang, Indonesia, Selandia baru dan kepulauan di Pasifik Selatan. Indonesia sendiri memiliki gunung berapi dengan jumlah kurang lebih 240 buah, di mana hampir 70 di antaranya masih aktif.


   Hal terbaik yang mungkin bisa kita lakukan khususnya bagi masyarakat Indonesia sendiri ialah berusaha untuk sewaspada mungkin akan datangnya bencana yang mungkin bisa datang secara tiba-tiba. Karena sesungguhnya semua kejadian yang telah atau yang akan terjadi ialah semuanya kembali kepada tuhan yang maha pencipta. Kita sebagai manusia hanya bisa berdo’a semoga kejadian buruk tidak terjadi lagi.

picture source : google, facebook




No comments:

Post a Comment