Belajar Untuk Siapa ?


    Belajar, mungkin tidak ada yang salah dengan kata ini, aktivitas ini. Semuanya butuh belajar, semua orang pasti ingin belajar. Dengan belajar kita yang awalnya tidak bias, tidak mampu dan tidak tahu apa-apa menjadi bisa dan bahkan menjadi expert. Intinya belajar adalah aktivitas yang bermanfaat dan adilhung bagi kita para manusia.
   Tetapi apakah kita pernah menyadari ada yang salah dengan aktivitas belajar kita, terutama (mungkin) pada saat di sekolah, perkuliahan atau di manapun itu. Ketika kita sedang belajar tentang ilmu atau suatu hal yang sangat-sangat tidak kita sukai. Yeaah, I think that just wasted my time and fuckin boring time. Kita mungkin akan mengantuk, melamun atau bahkan mengacuhkan materi yang sedang diberikan oleh para Guru atau pendidik. Kenapa bisa demikian ? Kalau menurut saya pribadi ini disebabkan karena tidak adanya dorongan (feel) untuk bisa interest atau bahkan respect terhadap ilmu tersebut. Alasan kedua mungkin kita tidak terlalu membutuhkan ilmu tersebut (ckck). Ketiga (ini alasan yang lebih klise), kita tidak ahli atau bisa dibilang payah untuk ilmu atau pengetahuan ini. What else ? Entahlah bagaimana perspective dari teman-teman.
    But whatever that, seyogyanya kita belajar atas nama kesadaran. Kesadaran karena kita membutuhkan ilmu tersebut untuk mencari kerja dan mengejar kekayaan yang semu. Atau kita merasa harus memiliki ilmu atas nama kemanusiaan (memberi manfaat untuk kehidupan bersama) dan pertanggung jawaban nanti dihadapan Allah. Jadi anda belajar untuk siapa ?

No comments:

Post a Comment